Assalamualaikum readers. Disini saya akan
memberikan pembahasan beberapa materi yang berkaitan dengan sistem informasi.
Tetapi, sebelum kita membahas sistem informasi saya akan menjelaskan arti dari
sistem dan informasi itu sendiri. Sistem
adalah sekumpulan dari beberapa komponen yang memiliki fungsi nya masing-masing
dan saling terhubung untuk mencapai suatu tujuan sedangkan Informasi adalah data yang
ditransformasi sehingga memiliki arti dan makna bagi yang menerima informasi
tersebut dan bersifat up to date. Jadi, secara gambaran besar sistem informasi
itu adalah untuk memperoleh data dan didistribusikan mutlak untuk institusi,
enterprise dan personal.
Sistem informasi terbagi menjadi 5 komponen
yaitu :
·
Data
·
Brainware
·
Software
·
Hardware
·
Jaringan
Untuk menghasilkan suatu informasi pada
umumnya data haruslah diproses terlebih dahulu. Sebelum memproses data
menjadi informasi kita harus mendapatkan data itu terlebih dahulu. Ada beberapa
cara untuk memperoleh data atau informasi :
1. Observasi
Dengan
cara ini kita memperoleh data dengan cara mengamati suatu objek yang kita telit
dengan cara yang sistematis.
2. Kuisioner
Suatu
teknik pengumpulan data yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap,
keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang yang lazimnya dengan cara
menyebarkan lembaran pertanyaan kepada setiap individu.
3. Wawancara
Teknik ini
dilakukan dengan cara bertatap muka dengan narasumber yang kemudian terjadi sesi tanya
jawab dengan tujuan untuk mendapatkan keterangan yang kita butuhkan.
4. Kejadian/event
Dapat dikatakan teknik ini
dilakukan dengan cara pencatatan, perekaman atau penangkapan sinyal digital
secara langsung.
5. Pemodelan
Pada teknik pengambilan data ini
terbagi menjadi beberapa cara, diantaranya :
Ø Forecasting yaitu suatu metode untuk memprediksi atau
memperkirakan suatu yang belum tentu terjadi.
Ø Econometic yaitu
metode yang digunakan dengan mengukur perekonomian.
Ø Simulation yaitu suatu
metode yang tidak melakukan suatu hal secara langsung karena memiliki resiko. Tetapi
jika terjun ke lapangan langsung maka bisa melakukan seperti yang
disimulasikan.
Sebuah informasi
yang baik tentunya memiliki kualitas yang baik pula. Beberapa karakteristik
yang menentukan baik tidaknya suatu informasi antara lain :
Ø Timeliness
( Suatu informasi yang baik haruslah tepat waktu dan tersedia manakala
dibutuhkan . )
Ø Accuracy
( informasi yang didapat akurat dan teliti seperti penggunaan dashboard. )
Ø Reduced Uncertainty
( ketidakpastian dari suatu informasi harus ditekan sekecil mungkin. )
Ø Kualitas visualisasi
( kertas/hardcopy, tampilan/display-monitor/video, suara/video dalam keadaan
baik. )
Informasi
yang dibutuhkan manajemen umumnya dalam bentuk laporan. Berikut variasi dan
tipe laporan antara lain :
Ø Laporan periodik
Ø Laporan indikator
kunci
Ø Laporan
berdasarkan permintaan ( on-recall report )
Ø Laporan khusus
Ø Laporan penyimpangan
( exception report )
Suatu laporan
dapat direpresentasikan ke dalam berbagai bentuk, antara lain yang umum
digunakan :
Ø Narasi
Ø Tabel
Ø Grafik dan
gambar
Ø Kombinasi
Ø Kertas/hardcopy
Hal-hal yang telah diuraikan
diatas dapat disimpulkan bahwa pentingnya eksistensi data dan informasi bagi
masyarakat yang membutuhkannya. Untuk menyebarkan suatu informasi kita harus
kembali memperhatikan kebenaran ataupun kualitas dari informasi itu sendiri
karena informasi yang salah akan menyebabkan kerugian masyarakat bahkan dapat berakibat
fatal.
sumber :
- http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar